Rabu, 11 Januari 2012

Belajar hidup itu banyak macamnya, ada yang belajar dari kesenangan yang selalu ia dapatkan sehingga mereka merasa selalu disenangkan dan suasana hatinya pun tak nyaman, disamping itu, pahit yang dijalani juga banyak orang mengalaminya, sehingga berpikir maju untuk merubah situasi yang saat ini melilit tenggorokan dengan berusaha dengan jujur.
belajar hidup tidak hanya belajar dari situasi yang sedang terjadi, namun lokasi tempat tinggal dan lingkungan juga adalah tempat belajar hidup, baik sosial, ekonomi, moral dan pendidikan.

Orang yang manja tidak akan tahu kerasnya uang yang dihasilkan, karena ia dialiri dengan lembutnya kucuran harta tanpa merasakan dari mana itu harta(uang).
orang yang tak kenal lelah akan selalu berpikir jernih dan tanggungjawab untuk mempertaruhkan hidupnya.

Penelitian makhluk hidup-tepatnya tumbuhan-mencerahkan kita dengan suatu pembelajaran yang berharga. Dua buah tanaman yang berjenis sama ditanam di suatu tempat yang sama, ditutup dan diberi media tanam yang sama, semuanya sama. Untuk tanaman yang pertama disiram setiap hari sebanyak 2 kali, pagi dan sore, sedangkan tanaman kedua hanya disiram 2 hari sekali. setelah beberapa bulan, riset selesai dan tanaman pun di angkat untuk diketahui kekuatan akar yang menopangnya, dan ternyata saat mencabut tanaman pertama (yang disiram 2 kali sehari) mudah untuk dicabut karena di media tanamnya tersebut terdapat kandungan air yang menyebabkan akar tanaman tidak terlalu banyak merambat untuk mencari air, sedangkan yang kedua pada saat dicabut mengalami kesukaran karena ternyata akarnya merambat jauh untuk mencari air guna mendukung kehidupannya, dengan usaha, akar-akarnya pun meluas ke samping-ke bawah sehingga mengakibatkan cengkraman yang kuat. ini disebabakan karena tanaman kedua kekurangan air dan ia dituntut untuk mencarinya demi kelangsungan hidup, begitu pun dengan kita manusia yang idealnya berusaha dengan baik dan tetap optimis karena Tuhan akan memberikan sesuatu asal kita usaha dan tetap ingat Ia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar